KOMEDI PUTAR
ALAT DAN BAHAN
1.Sterofom 7.
Pensil
2. Kertas kilat 8.
Penggaris
3. Kertas karton 9.
Pita
4. Kertas HVS 10.Doble
tape
5. Cutter 11.
Paku
6. Spidol 12.
Lem kastol
PROSEDUR PEMBUATAN
1.
Pertama, cetak atau potong sterofom agar
berbentuk bulat.
2.
Lapisi bagian di tengah dengan kertas kilat membentuk bulatan kecil.
3.
Setelah itu lingkaran tersebut dibagi menjadi 8 bagian (sesuai poin materi)
yang telah di tulis ke kertas HVS dengan membentuk panah.
4.
Kemudian dari tiap poin materi di beri batas menggunakan pita
yang dipotong sampai batas ujung lingkaran.
5.
Selanjutnya,buatlah kotak segi 4
memanjang dari kertas karton dan ditempel menggunakan doble tape pada bagian celah dari poin-poin materi.
6.
Kertas HVS yang berisi pengertian materi dari tiap poin digulung dan dimasukkan kedalam kotak panjang tadi.
7.
Setelah itu,kertas karton dipotong membentuk panah melebar bertuliskan puisi
1-6 dan di tempel ke 6 bagian dari lingkaran roda dan dibagian belakangnya terdapat sebanyak
6 puisi yang disesuikan dengan nomor puisi.
8.
Kemudian, bagian tengah dari lingkaran tadi di ukur dengan menggunakan pensil dan penggaris ukur
diameter dan jari-jari agar
dapat menemukan titik tengahnya untuk kemudian dilubangi menggunakan paku.
9.
Selanjutnya, buatlah 2 segi 4 memanjang dan lubangi keduanya dengan paku pada bagian tengah atas dari persegi tersebut sebagai
kaki roda.
10. Posisikan kaki roda tadi pada bagian depan dan belakang pada lingkaran roda.
11. Terakhir, pasang paku di
tengah-tengah lubang dan diberi penyangga menggunakan potongan sisa sterofom tadi.
CARA PENGGUNAAN MEDIA
1.
Mengondisikan siswa
2.
Siswa diperkenankan untuk memilih poin materi dan mengambil gulungan kertas
yang ada di kotak persegi panjang kemudian membacakan pengertian dari materi tersebut.
3.
Memilih siswa lain dan seterusnya dilakukan seperti hal
di atas, sampai semua materi terbacakan.
4.
Dari tiapmateri yang
dibacakan, guru akanmenjelaskanmaksuddariisimateritersebut.
5.
Kemudian siswa dibentuk menjadi
6 kelompok dan masing-masing perwakilan kelompok diminta untuk memutar komedi putar untuk memilih puisi
yang telah tersedia sesuai nomor.
6.
Jika semua kelompok telah menerima puisi dari tiap nomor
yang telah tersedia
7.
Terakhir, kelompok akan mendiskusikan puisi tersebut kemudian mengutus salah satu anggota untuk membacakan didepan kelas sesuai dengan aturan pembacaan puisi
yang telahdisampaikanmelaluimaterisebelumnya.
8.
Guru
akan menilai dari penampilan pembacaan puisi dari tiap kelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar